Khoiru Ummah – Ibadah Sepanjang HariKU

Khoiru Ummah – Ibadah Sepanjang HariKU

Khoiruummah.id – dalam surat Adz Dzariyat ayat 56, Allah menyampaikan kepada kita bahwa tujuan penciptaan manusia tidak lain dan tidak bukan adalah untuk beribadah kepada Allah. Artinya ibadah adalah tujuan mutlak apa yang semestinya dilakukan manusia di dunia ini. beribadah adalah tanda kepatuhan dan ketaatan kepada Allah sebagai sang pencipta. Allah yang menciptakan kita, bahkan yang memenuhi segala kebutuhan kita, memberikan penghidupan dan kehidupan. Oleh sebab itulah sudah sepatutnya kita patuh terhadap aturanNya. Posisi manusia adalah sebagai makhluk, sedang Allah adalah pencipta, yang menciptakan makhluk. Makhluk ciptaan Allah tentu bukan hanya manusia saja, melainkan banyak. Bahkan seluruh yang ada di bumi dan langit adalah ciptaanNya.

Seyogyanya makhluk, maka sejatinya manusia adalah seorang hamba. Dimana hamba tentu tak memiliki wewenang apapun, sehingga harus berada di bawah aturan dan kehendak Allah. Maka Allah sampaikan bahwa sebagai hamba manusia diminta beribadah kepada Allah. Sederhana sekali bukan?

Kita, apapun jabatan kita, sebagai guru, orangtua atau bahkan siswa, hakekatnya tetap sama yakni sebagai hamba Allah, makhluk yang diciptakan Allah. Sadar akan posisi ini maka kurikulum Pendidikan yang hakiki adalah kurikulum yang dapat mengatur konsep penciptaan ini menjadi materi, metode dan sistem Pendidikan yang nantinya akan ditransfer kepada anak didik. Sehingga tujuan Pendidikan tentu sejalan dengan konsep penciptaan.

Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah menyadari akan pentingnya menanamkan konsep penciptaan menjadi kurikulum. Sebagai sekolah yang khas menjadikan aqidah Islam sebagai kurikulum Pendidikan, maka konsep penciptaan ini adalah konsepsi awal dalam melakukan proses Pendidikan kepada anak didik. Ibadah sepanjang hariKU menjadi salah satu dari kebiasaan (Al Biah) yang diemban oleh para siswa, guru bahkan orangtua dan harapannya masyarakat. Karena beribadah adalah tujuan penciptaan, maka sudah tentu melakukan ibadah sepanjang hari dijadikan kebiasaan dan kesadaran kita sebagai muslim.