Khoiru Ummah : Bersih Diri Dan LingkunganKU

Khoiru Ummah : Bersih Diri Dan LingkunganKU

Khoiruummah.id – Masih ingatkah dengan lagu saat kita kecil? Mungkin seperti inilah liriknya.

Bangun tidur ku terus mandi

Tidak lupa menggosok gigi

Habis mandi ku tolong ibu

Membersihkan tempat tidurku.

Ini memang hanyalah sebuah hiburann dikala kecil, meski banyak yang akhirnya menambah liriknya dengan hal lainnya. Namun yang ingin saya bahas di sini adalah maksud dari lirik sang lagu. Yap… liriknya seolah menyuruh kita untuk melakukan perintah. Apa yang mestinya kita lakukan ketika kita bangun tidur. Karena mungkin kebanyakan kita bangun tidur bukan langsung mandi atau bersih-bersih akan tetapi bisa saja makan atau parahnya langsung nonton tv. Mungkin anak zaman sekarang langsung buka handpone. Nah lagu ini seakan memberi ingatan bahkan nasehat untuk kita ketika kecil dahulu bahkan bisa jadi sampai dewasa kini.

Jika dilihat dari fiqih, maka mandi sehari-hari (baca:bukan mandi karena hadas besar) adalah sesuatu yang mubah. Artinya ada pilihan di dalamnya apakah dilakukan ataukah tidak dilakukan. Meski begitu. Mandi adalah kebutuhan jasmani manusia yang tentu harus dipenuhi kebutuhan tersebut. Bagaimana rasanya jika kita tidak mandi seharian? Pasti bau dan lengket, tak hanya itu kuman-kuman akan lebih suka menempel.

Maka Islam mengajarkan kebersihan, dan Allah sangat menyukai kebersihan dan keindahan. Hidup kita ini tujuanya adalah untuk ibadah, bagaimana mungkin kita hendak melakukan ibadah dalam kondisi tubuh dan lingkungan yang kotor? Bukankah syarat sah ibadah adalah bersih dari hadas kecil maupun hadas besar? Maka ke-mubahan tersebut akhirnya menjadi wajib dipenuhi. Terlebih untuk mereka para generasi Qur’an, tentu sangat menyadari kepentingan ini. maka hidup bersih juga merupakan khas dari Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah. Dan tentunya harus menjadi kebiasaan juga untuk setiap muslim. Jangan sampai kebiasaan kita sama dengan mereka yang non muslim. Lihat saja bagaimana cara mereka bersuci, hanya menggunakan tissue saja. Maka sebagai muslim yuk jaga kebersihan diri dan lingkungan kita sebagai bentuk kepatuhan dan ketaatan kita pada Allah. Agar ibadah kepada Allah menjadi lebih nyaman juga bugar. Siap hidup sehat?