Kepribadian Anak

Kepribadian Anak

Membentuk Syakhsiyyah Islamiyah dalam Proses Pendidikan

Oleh : Mila Sari, S.Th.I
Kontributor Media, Pegiat Opini, Pendidik Generasi dan Member Akademi Menulis Kreatif

Khoiruummah.id — Tujuan dari suatu pendidikan adalah membentuk pribadi yang unggul, mulia dan bermartabat dalam diri peserta didik. Tujuan mulia dan luhur itu tidak bisa didapat secara instan tetapi dengan proses pendidikan yang harus dilalui oleh para peserta didik. Ada tiga hal yang harus dipahami oleh para pendidik bila ingin mewujudkan pendidikan dengan tujuan tersebut, di antaranya sebagai berikut:

1. Pendidikan itu merupakan hal yang terpenting

Pendidikan itu merupakan hal yang terpenting karena ia dapat merubah kepribadian seseorang. Dengan pendidikan, manusia dapat menciptakan peradaban sesuai dengan yang diinginkan. Manusialah yang akan memajukan peradabannya, semakin baik proses pendidikan yang ia dapatkan maka akan semakin baik pula peradaban yang akan tercipta.

Sultan Muhammad Al Fatih adalah profil manusia yang mendekati kesempurnaan dalam proses pendidikan. Pada pribadinya terkumpul unsur tsaqafah, nafsiah dan dasar-dasar ilmu kehidupan seperti sains, matematika, fisika, kimia dan ilmu-ilmu yang mendukung kesuksesan dalam menjalani kehidupan dan penaklukan Konstantinopel. Semua itu didapat dan tak terlepas dari proses pendidikan.

Pendidikan haruslah berdiri dengan tujuan untuk memajukan peradaban yang memadukan pendidikan komprehensif (syakhsiyyah, tsaqafah dan ilmu-ilmu kehidupan).

Seorang tenaga pendidik memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk kepribadian dalam diri peserta didiknya. Posisi pendidik berada pada posisi yang sangat penting dalam mengawal proses pendidikan yang tengah berlangsung. Setiap pendidik harus menyadari perannya ini agar ia bersungguh – sungguh dalam membentuk kepribadian di dalam diri peserta didiknya. Sehingga peserta didik benar-benar mendapatkan pendidikan secara optimal.

Sebab pendidikan yang baik dan benar akan menjadikan kepribadian yang benar pula dalam diri generasi dan umat. Dan inilah yang dimaksud dengan kepribadian Islam yang akan membawa kebangkitan bagi umat dan dakwah, yaitu kepribadian yang dibentuk oleh pola pikir Islam dan pola sikap Islam sehingga ia berjalan di atas bumi ini hanya untuk mencari keridhaan Allah subhanahu wa ta’ala dan menjadikan standar kehidupannya hanyalah halal dan haram menurut ketentuan Allah Subhanahu Wa Ta’ala pula.

Sumber : gurumuslimahinspiratif/tele

==================

Head Office :

Taman Khoiru Ummah

Jl. Raden Kan’an. No. 58. RT 04/05. Tanah Baru. Kota Bogor

====================

Fanspage : Khoiru Ummah Media
Instagram : @khoiruummah_official
Youtube : Khoiru Ummah Media
Twitter : @khoiruummah_id
Website : khoiruummah.id