Home Schooling, Alternatif Solusi Pendidikan

Home Schooling, Alternatif Solusi Pendidikan

Khoiruummah.id – Setiap orangtua menghendaki anak-anaknya mendapat pendidikan bermutu, nilai-nilai iman dan moral yang tertanam baik, dan suasana belajar anak yang menyenangkan. Kerapkali hal-hal tersebut tidak ditemukan para orangtua di sekolah umum. Oleh karena itu muncullah ide orangtua untuk “menyekolahkan” anak-anaknya di rumah.

Dalam perkembangannya, berdirilah lembaga sekolah yang disebut sekolah-rumah (homeschooling) atau dikenal juga dengan istilah sekolah mandiri, atau home education atau home based learning.Banyaknya orangtua yang tidak puas dengan hasil sekolah formal mendorong orangtua mendidik anaknya di rumah. Kerapkali sekolah formal berorientasi pada nilai rapor (kepentingan sekolah), bukannya mengedepankan keterampilan hidup dan bersosial (nilai-nilai iman dan moral). Di sekolah, banyak murid mengejar nilai rapor dengan mencontek atau membeli ijazah palsu. Selain itu, perhatian secara personal pada anak, kurang diperhatikan. Ditambah lagi, identitas anak distigmatisasi dan ditentukan oleh teman-temannya yang lebih pintar, lebih unggul atau lebih “cerdas”. Keadaan demikian menambah suasana sekolah menjadi tidak menyenangkan.Ketidakpuasan tersebut semakin memicu orangtua memilih mendidik anak-anaknya di rumah, dengan resiko menyediakan banyak waktu dan tenaga. Homeschooling menjadi tempat harapan orang tua untuk meningkatkan mutu Pendidikan anak-anak, mengembangkan nilai-nilai iman dan moral serta mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan.

Islam sebagai ideologi memiliki konsep dan system yang jelas tentang Pendidikan yang terjamin menjadi solusi tuntas problematika yang ada. Homeschooling yang merupakan konsep Pendidikan rumah memang secara umum meminta orangtua memiliki waktu dan tenaga yang lebih banyak untuk mengurusi masalah Pendidikan anaknya karena dorongan akibat tidak sesuainya system Pendidikan nasional dengan realitas yang ada ditambah system Pendidikan nasional merupakan system turunan dari negara penjajah.

Dalam Islam, orangtua memiliki peran Pendidikan yang paling vital dibanding guru di sekolah. Orangtua adalah pendidik pertama dan utama untuk anaknya, bukan karena masalah Pendidikan akan tetapi itu adalah fitrah orangtua. Sehingga disimpulkan bahwa homeschooling hanyalah sebuah model Pendidikan yang timbul akibat sebagai alternative Pendidikan atas Pendidikan nasional yang tak sesuai realita. Terlepas dari apakah homeschooling mampu mengembalikan peran orangtua sebagaimana ajaran Islam. Maka solusi Pendidikan ada pada Islam.